Destinations Magazine

Resep Dan Manfaat Air Kefir

By Melikeyuk

Resep dan manfaat Air Kefir adalah bahasan yang akan kita coba bahas kali ini. Karena air kefir adalah bahan kuno yang diklasifasikan sebagai makanan sehat, karena sifat probiotiknya. Presentasinya yang berbeda dapat memberikan manfaat yang mengesankan bagi tubuh anda, karena memberikan keuntungan tertentu. Di antara berbagai cara mempersiapkan kefir, air kefir menonjol karena persiapannya yang mudah dengan beragam sifat.

Hari ini Howtobeagourmand.com akan memberi tahu Anda segalanya, tentang makanan probiotik ini dan beserta resep dan manfaat air kefir.

Apa itu air kefir?

Untuk mendefinisikan air kefir, perlu berbicara tentang kefir secara umum. Jadi apa kefir? Kefir disebut butiran yang membantu memfermentasi minuman tertentu (susu segar, air gula atau teh) dan produk yang diperoleh setelah fermentasi, yaitu susu, air dan teh. Dengan cara ini, kita melihat bahwa air kefir adalah minuman yang difermentasi dengan nodul kefir.

Semua minuman yang dibuat dengan kefir dianggap prebiotik dan, meskipun biasanya dibuat di rumah, Anda juga dapat menemukannya dalam versi komersial, khususnya di toko-toko khusus makanan dan kesehatan.

Jenis kefir

Seperti yang telah kami sebutkan, ada tiga jenis kefir yang ada:

  • Air Kefir
  • Susu Kefir
  • Teh Kefir

Bagaimana membedakan mereka di antara mereka? Bagaimana cara mengetahui apakah itu teh atau air kefir? Perbedaan antara air kefir, teh kefir, dan susu kefir adalah bahwa dua yang pertama adalah minuman sehat, sedangkan yang kedua, meskipun terlihat seperti minuman, sebenarnya adalah makanan (sangat bergizi). Namun, ketiga produk melewati proses fermentasi yang sama dan semua memenuhi fungsi obat, sehingga penggunaannya harus diberi dosis.

Untuk apa air kefir?

Air kefir digunakan untuk menurunkan berat badan, mendetoksifikasi tubuh, melindungi sistem kekebalan tubuh Anda dan mengatur pencernaan Anda. Karena semua alasan ini, air ini adalah minuman yang sangat populer dan diminati di seluruh dunia, karena minuman ini memiliki manfaat dan sifat penting yang akan kita lihat di bagian selanjutnya.

Resep dan Manfaat Air Kefir

Untuk bagiannya, susu kefir juga mendetoksifikasi, merawat sistem kekebalan tubuh Anda, melindungi mikrobiota Anda, membantu Anda mencerna lebih baik, mencerna susu untuk Anda dan memberi makan Anda. Oleh karena itu, mudah untuk mengganti kedua jenis kefir.

Resep dan Manfaat Air Kefir

Mengekspos manfaat kefir dalam beberapa baris agak sulit, namun, berikut ini adalah manfaat dan sifat paling menonjol dari air kefir:

  • Melindungi mikrobiota usus karena kondisi probiotiknya. Ini meregenerasi flora bakteri, sehingga menghindari banyak penyakit antara lain, masalah pencernaan, sembelit, diare, candiasis.
  • Ai ini memiliki sifat antibiotik dan antibakteri, karena kefir melepaskan asam lemak organik yang berfungsi untuk mengekang aktivitas agen infeksi, jamur, virus dan bakteri.
  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ada penelitian yang membuktikan manfaatnya, namun, bagaimana hal itu terjadi masih belum diketahui.
  • Menghindarkan gangguan pencernaan. Bergantung pada waktu istirahat yang digunakan untuk membuat air kefir, air ini dapat ditingkatkan khasiatnya dalam melawan sembelit atau diare. Jika Anda membutuhkan pencahar, biarkan butiran kefir beristirahat selama 24 jam. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan tindakan astringen, tunggu lebih dari 24 jam untuk membantu meningkatkan keasaman kefir.
  • Air kefir membantu memurnikan tubuh karena meningkatkan transit usus, karena itu menjaga bakteri tubuh tetap sehat.
  • Melindungi sistem kekebalan tubuh, karena ia merawat mikrobiota usus.
  • Mendukung penurunan berat badan. Air ini meningkatkan pencernaan, membantu metabolisme lebih cepat, melawan sembelit, mengontrol kadar gula darah dan mengandung beberapa kalori.

Resep Cara membuat air kefir:

Untuk berhasil menyiapkan air kefir buatan sendiri, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan 2 hal utama:

  • Pertahankan kebersihan yang cermat dalam peralatan yang Anda gunakan. Jika Anda bisa, sebaiknya alat yang anda gunakan untuk membuat air kefir ini hanya untuk mempersiapkan kefir.
  • Hindari peralatan logam. Nodul kefir, serta air kefir, mengandung pH asam dan dapat bereaksi terhadap logam.

Setelah kedua hal ini dipertimbangkan, Anda dapat mulai membuat kefir buatan sendiri, prosesnya sangat mudah dan cepat, Anda hanya perlu mengikuti resep membuat air kefir ini langkah demi langkah.

Material

  • 2 stoples kaca besar (mulut lebar dan dengan tutup)
  • 1 serbet, handuk atau saringan kopi (sangat bersih)
  • 1 karet (garter)
  • 1 saringan plastik
  • 1 mangkuk (plastik atau gelas)
  • 1 sendok (kayu atau plastik)

Bahan

  • 2-3 sendok makan butir kefir terhidrasi
  • 3 sendok makan gula merah
  • ½ liter air mineral bebas klorin (jumlahnya bervariasi dalam beberapa resep, antara 1 liter atau ¾ liter)

Proses membuat air kefir

  1. Masukkan gula ke dalam stoples.
  2. Tambahkan air mineral pada suhu kamar dan aduk.
  3. Tambahkan nodul kefir.
  4. Tutup toples menggunakan serbet dan karet.
  5. Simpan bahan ini di tempat gelap, tempatkan di area dapur atau laci yang biasanya tidak Anda buka. Biarkan selama satu hari penuh jika Anda ingin air kefir yang lembut dan bisa digunakan untuk pencahar atau 36-48 jam jika Anda lebih suka fermentasi yang lebih fermentasi, yaitu kefir astringen.
  6. Setelah beberapa waktu, saring kefir dan simpan nodul di wadah kaca lain untuk menyiapkan lebih banyak air kefir.
  7. Tutup tabung air kefir dan simpan di lemari es.
  8. Untuk meningkatkan rasanya, Anda dapat mengonsumsi air kefir dengan irisan lemon atau buah dan daun mint.

Sangat mudah bukan! Sekarang Anda tahu bagaimana menyiapkan air kefir, jadi Anda hanya perlu meminta seseorang untuk memberi Anda nodul.

Tip: Untuk membuat air kefir bebas gula, ganti gula dengan kismis, kurma, atau sirup agave.

Resep dan Manfaat Air Kefir

Cara minum air kefir

Kontraindikasi air kefir

Bagaimana cara menghemat air kefir

Resep dan Manfaat Air Kefir

Back to Featured Articles on Logo Paperblog

Magazines