Lifestyle Magazine

“Media Sosial 101 Presentasi |Kertas Penelitian Media Sosial”

By Julia Fernandes @appshub

Perkembangan jejaring sosial yang terbaru adalah Google+ yang lahir tahun 2011. Google+ diluncurkan oleh google yang pada awalnya hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu, barulah Google+ di luncurkan secara umum.

Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan,

Banyak contoh yang bisa diambil soal pentingnya prinsip PR. Rasanya kita sudah mendengar beberapa cerita tentang promosi dengan cara unik yang dilakukan oleh pelaku bisnis kuliner, yang pada awalnya belum bersentuhan dengan konsep pemasaran digital.

Jump up ^ Kittur, Aniket; Suh, Bongowon; Chi, Ed H. (2008). “Can you ever trust a wiki?: Impacting perceived trustworthiness in wikipedia” (PDF). In Begole, Bo; McDonald, David M. Proceedings of the ACM 2008 Conference on Computer Supported Cooperative Work: November 8-12, 2008, San Diego, California. New York, ACM Press. doi:10.1145/1460563.1460639. ISBN 978-1-60558-007-4.

Younger generations are becoming more involved in politics due to the increase of political news posted on various types of social media. Due to the heavier use of social media among younger generations, they are exposed to politics more frequently, and in a way that is integrated into their online social lives. While informing younger generations of political news is important, there are many biases within the realms of social media. It can be difficult for outsiders to truly understand the conditions of dissent when they are removed from direct involvement.[207] Social media can create a false sense of understanding among people who are not directly involved in the issue. An example of social media creating misconceptions can be seen during the Arab Spring protests. Today’s generation rely heavily on social media to understand what is happening in the world, and consequently people are exposed to both true and false information. For example, Americans have several misconceptions surrounding the events of the Arab Springs movement.[208] Social media can be used to create political change, both major and minor. For example, in 2011 Egyptians used Facebook, Twitter, and YouTube as a means to communicate and organize demonstrations and rallies to overthrow President Hosni Mubarak. Statistics show that during this time the rate of Tweets from Egypt increased from 2,300 to 230,000 per day and the top 23 protest videos had approximately 5.5 million views.[209]

Social media “mining” is a type of data mining, a technique of analyzing data to detect patterns. Social media mining is a process of representing, analyzing, and extracting actionable patterns from data collected from people’s activities on social media. Social media mining introduces basic concepts and principal algorithms suitable for investigating massive social media data; it discusses theories and methodologies from different disciplines such as computer science, data mining, machine learning, social network analysis, network science, sociology, ethnography, statistics, optimization, and mathematics. It encompasses the tools to formally represent, measure, model, and mine meaningful patterns from large-scale social media data.[54] Detecting patterns in social media use by data mining is of particular interest to advertisers, major corporations and brands, governments and political parties, among others.

Andreas Kaplan & Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.

Untuk mendukung keberhasilan ditigal marketing selain program marcomm online yang tepat, integrasinya dengan program-program offline seperti pemberian hadiah yang menarik dan diadakannya gathering atau workshop juga menentukan suatu campaign dapat dibilang berhasil.

So, Digital marketing mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Digital marketing juga turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. 

Maka disini kita lihat sahaja, senario seharian orang Islam, mereka dengan bangga dan tanpa fikir bahawa aktivti seharian yang mereka lakukan itu sedikit sebanyak menyumbang kepada pembenihan sifat riak dan terus akan disirami hari demi hari dengan memnyata status yang bangga diri seperti “…Baru sampai ke Lapangan Terbangan Osaka, Jepun, lepas ni nak main ski pula di Fiji, aaahh kenyang baru makan di Bukit Bintang Restaurant (sambil menayangkan video atau gambar makanan mewah atau sedap yang dimakan).

Setiap individu belajar melalui pengalamannya untuk masing-masing memilih dan mengembangkan hubungan-hubungan sosial yang tersedia dalam masyarakatnya, disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada pada diri individu yang bersangkutan. Jadi, manusia membina hubungan sosial dengan manusia lainnya tidak terjadi secara acak. Konfigurasi hubungan sosial manusia yang satu dengan lainnya ini akhirnya membentuk ‘satu kesatuan sosial’ yang bisa disebut “jaringan sosial”.

Basu Swastha dan Irawan (2003 : 69), menjelaskan strategi pemasaran dari setiap perusahaan sebagai suatu rencana keseluruhan untuk mencapai tujuan. Penentuan strategi tersebut dapat dilakukan oleh manajer pemasaran dengan membuat tiga macam keputusan yaitu:

1. Terima kasih pencerahannya. Tetep pertanyaannya adalah : apakah konsumen mau membeli keripik kentang apabila bungkusnya tidak sebesar itu? Perusahaan keripik kentang mendapatkan keuntungan dobel dengan memanfaatkan nitrogen yang ada didalemnya. Good for them. Masih ada contoh lain ketika teh kotak/ atau teh botol yg di kotakan selalu (mengatakan) menambahkan 25% lebih banyak dr isi yg seharusnya.


Back to Featured Articles on Logo Paperblog