Destinations Magazine

Lavender Field

By Ninstravelog @ninstravelog
Lavender Field

Ketika salah satu tamu saya yang berkunjung ke Bristol bertanya apabila ada kemungkinan untuk melihat Lavender Field, saya mendadak bingung.

Selama hampir empat tahun saya tinggal di UK, tidak pernah terpikir oleh saya untuk datang ke Kebun Lavender - Lavender Field.

Memang banyak foto-foto di internet yang memperlihatkan betapa cantiknya Kebun Lavender itu, tapi foto-foto itu kebanyakan di Perancis, bukan di UK, jadilah saya tidak ada usaha untuk berkunjung ke Kebun Lavender. Tapi karena pertanyaan diatas tersebut, tentunya sayapun lalu berusaha mencari tahu tentang Kebun Lavender terdekat dengan tempat saya tinggal.

Lalu apa istimewanya Kebun Lavender ini?

Kelihatannya memang biasa-biasa saja, tetapi bunga kecil yang banyak itu bisa di panen seperti layaknya padi. Bedanya mungkin bukan untuk dimakan seperti layaknya beras. Bangsa Romawi kuno sudah menggunakan minyak lavender untuk mandi, masak dan pengharum ruangan. Mungkin itu sebabnya penamaan lavender, sebagai lavare = mandi atau livendula = livid atau mencuci.

Air olahannya pun sesudah menjadi tonic bisa digunakan sebagai obat gosok dari gigitan serangga disamping baunya yang demikian kuatnya sehingga mampu mengusir serangga. Tanaman kering lavender ini hingga sekarang masih tetap di pakai sebagai pengharum ruangan atau dipakai sebagai bahan campuran untuk mengharumkan sabun mandi ( soap bar), body lotion, shampoo, atau di campuran makanan seperti layaknya kayu manis.

~ * * * ~

Diluar dugaan, ada dua Kebun Lavendar dekat Bristol yang bisa di kunjungi hanya dalam jangkawan 1 jam perjalanan dengan mobil:

Somerset Lavender

Lokasinya di kawasan Somerset, England. Desa terdekatnya bernama Faulkland, diantara Kota Bath dan Fromme. Apabila ingin berkunjung ke tempat ini, harus diperhatikan waktu bukanya. Untuk lebih jelasnya:

Somerset Lavender hanya buka untuk umum mulai bulan Mei sampai dengan bulan September setiap tahun dan hanya hari Rabu sampai dengan hari Minggu saja.

Cotswold Lavender

Untuk mencapai Cotswold Lavendar dari Bristol lebih jauh, dari pada Somerset Lavender, yang lokasinya di Snowshill, sangat dekat dengan Broadway, salah satu kota cantik di tengah kawasan Cotswold. Desa Snowshill bisa di capai dengan KA hingga Moreton-on-Marsh, tapi setelah itu anda tetap harus menggunakan taksi untuk mencapai tujuan.

Saat terbaik untuk berkunjung ke Cotswold Lavender adalah antara bulan Juni sampai dengan awal September, tapi untuk lebih tepatnya anda bisa mengunjungi websitenya: www.cotswoldlavender.co.uk :

Alamat: Hill Barn Farm, Snow Hill, Broadway, Worcestershire- WR12 7JY

~ * * * ~

Dari informasi di atas, penting untuk di ingat bahwa Kebun Lavender tidak buka sepanjang tahun. Seperti kita tau bahwa bunga lavender cuma berbunga dari mulai bulan Mei (awal musim berbunga) sampai dengan Agustus. Anda beruntung apabila datang ke Kebun Lavender bulan September dan belum di panen. Karena panen lavended biasanya adalah akhir bulan Agustus dan cuma satu kali dalam satu tahun.


Back to Featured Articles on Logo Paperblog

Magazines