Destinations Magazine

Alternatif Aplikasi Video Pengganti Zoom

By Melikeyuk

Alternatif aplikasi video pengganti zoom sedang banyak dicari, dikarenakan aplikasi ini sedang ada isu terkait masalah keamanan.

Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan banyak permintaan dan perintah untuk tinggal dan bekerja di rumah, dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus corona baru. Dikarenakan isolasi ini berarti banyak yang menggunakan aplikasi video untuk konferensi seperti Zoom untuk menyelesaikan pekerjaan dan berbicara dengan teman atau keluarga.

Namun Zoom saat ini sedang terkait dengan masalah yang panas setelah tingkat keamanan dan privasinya dipertanyakan. Kendati perusahaan berjanji akan bekerja untuk mengatasi masalah-masalah itu, Anda tidak perlu untuk menunggunya, dikarenakan anda bisa mencari alternatif aplikasi video pengganti zoom.

Ada banyak layanan alternatif aplikasi video pengganti zoom yang dapat Anda gunakan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan mereka sendiri menjadikannya lebih cocok untuk penggunaan yang berbeda, apakah itu untuk berbicara dengan nenek, bermain game dengan teman, atau terhubung dengan kolega. Berikut ini beberapa alternatif aplikasi video pengganti zoom terbaik:

Untuk panggilan ke Orangtua Whatsapp

Platform: Web, iOS, Android

Harga: Gratis

Alternatif Aplikasi Video Pengganti Zoom

WhatsApp mungkin juga identik dengan "aplikasi perpesanan" pada saat ini. Aplikasi milik Facebook ini tersedia dalam formati web atau di smartphone Anda, memungkinkan Anda mengirim pesan SMS gratis, mendukung obrolan grup hingga 256 peserta, dan memungkinkan panggilan audio dan video gratis hingga empat orang.

Memang, WhatsApp telah memiliki beberapa masalah privasi di masa lalu, tetapi aplikasi ini tetap digunakan di mana-mana, di mana itu adalah aplikasi olah pesan yang paling banyak digunakan menjadikannya pilihan yang bagus untuk berbicara dengan keluarga dan teman-teman yang mungkin tidak memiliki smartphone terbaru, atau menggunakan sistem operasi yang sama seperti Anda. WhatsApp juga dilengkapi enkripsi ujung-ke-ujung, sehingga Anda dapat memastikan panggilan, teks, dan obrolan video Anda aman.

Facebook Messenger

Harga: Gratis

Jika Anda memiliki akun Facebook, Anda dapat mengirim satu atau dua pesan menggunakan fitur Messenger, yang dipecah menjadi aplikasi mandiri beberapa tahun sebelumnya. Messenger mendukung banyak fitur ramah-obrolan, seperti reaksi emoji, stiker, dan hingga enam orang di layar selama panggilan video (meskipun dalam aturannya hingga 50 orang dapat berpartisipasi).

Karena terhubung ke Facebook, Anda dapat mengobrol dengan teman mana pun, melakukan panggilan ke perangkat seluler dan browser web, dan menyambungkan ke tampilan cerdas Portal Facebook untuk tetap berkomunikasi saat Anda bersantai di rumah.

FaceTime

Platform: iOS, macOS, iPadOS

Harga: Gratis

Tersedia di perangkat MacOS, iOS, dan iPadOS, FaceTime adalah konferensi video Apple, dengan beberapa fitur khusus Apple. Aplikasi ini mendukung hingga 32 penelepon sekaligus, sehingga Anda dapat memiliki sambungan telepon yang sangat banyak bersama-sama dengan teman-teman Anda. Jika Anda memiliki perangkat iOS yang tepat, Anda dapat menggunakan efek seperti Memoji untuk melapiskan doppelganger digital Anda pada visage Anda, atau menambahkan sedikit bakat pada video Anda. Karena enkripsi terenkripsi ujung-ke-ujung, Anda cukup dapat mengandalkan aplikasi ini

Google Duo

Platform: iOS, Android, Nest

Harga: Gratis

Alternatif Aplikasi Video Pengganti Zoom

Google Duo membuatnya sederhana, tetapi menambahkan beberapa fitur utama menjadikannya aplikasi panggilan video yang berguna, meskipun minim fitur. Mendukung panggilan audio dan video, Duo dapat menampung 12 orang sekaligus, dan bekerja pada perangkat seluler, browser web, dan tampilan cerdas seperti Google Hub Nest Max.

Fitur seperti pesan suara video, enkripsi ujung ke ujung, dan fitur pratinjau panggilan yang rapi yang berfungsi seperti lubang di pintu depan bagi siapa pun yang memanggil Anda.

Untuk main game atau bersenang-senang dengan anggota keluarga

Discord

Platform: PC, Mac, Linux, iOS, Android

Harga: Gratis

Untuk memainkan permainan video aktual, pengontrol dan semuanya Anda bisa menggunakan aplikasi discord ini. Aplikasi obrolan dan konferensi video yang mirip seperti Slack memungkinkan Anda membuat beberapa saluran untuk mengobrol tentang apa pun yang Anda suka, dan terintegrasi dengan game yang didukung, membuatnya sangat mudah untuk masuk ke grup dengan teman selama beberapa jam. Call of Duty: WWII, atau Divinity: Original Sin 2, di antara sejumlah judul game yang anda dapat ikut serta didalamnya. Obrolan video grup sempurna untuk streaming permainan Anda ke teman dan penonton, dan saluran suara memudahkan mengobrol melalui Discord saat Anda bermain dengan teman-teman Anda.

Houseparty

Platform: iOS, Android

Harga: Gratis, Pembelian dalam aplikasi

Jika mengatur permainan malam terlalu banyak menyita waktu anda, Anda dapat menggunakan Houseparty, yang menempatkan game tepat ke dalam aplikasi untuk Anda. Sangat sederhana, dan mendukung hingga delapan penelepon sekaligus. Trivia, Head Up! dan permainan partai populer lainnya telah tersedia, dengan pembelian dalam aplikasi, tersedia pilihan kategori dan topik yang lebih banyak untuk Anda agar permainan terus berjalan.

Untuk Panggilan dan Pertemuan Penting

Microsoft Teams

Platform: Windows, iOS, Android

Harga: Gratis, Berlangganan

Alternatif Aplikasi Video Pengganti Zoom

Bisnis yang mencari cara baru untuk menyelesaikan panggilan video dapat beralih ke Microsoft Teams, aplikasi obrolan yang ramah untuk digunakan dalam urusan pekerjaan dalam sebuah perusahaan. Walaupun ada alternatif yang lebih baik bagi mereka yang ingin membuat ruang obrolan untuk sekelompok kecil teman atau keluarga, jika Anda sedang berusaha menyelesaikan pekerjaan serius, dan menyukai alat produktivitas yang dibuat perusahaan, Microsoft Team sangat cocok untuk pebisnis dalam melakukan panggilan konferensi, penjadwalan pertemuan, berbagi file antara Anda dengan bos Anda.

Berlangganan ke Microsoft Teams mencakup seperangkat aplikasi Office 365, seperti Word, PowerPoint, dan Excel, di antaranya. Untuk presentasi besar atau perusahaan, Anda dapat menggunakan alat siaran langsung bawaannya untuk membagikan layar Anda dan menyelenggarakan acara tanpa melewati terlalu banyak rintangan.

Jitsi

Platform: Web, PC, Mac, Linux, iOS, Android

Harga: Gratis

Jitsi adalah layanan konferensi video yang aman dan gratis yang sempurna untuk panggilan satu kali yang harus Anda lakukan, atau untuk menyatukan orang-orang di berbagai jenis perangkat. Layanan konferensi video yang bekerja pada open-source ini pada dasarnya dapat dilakukan pada platform apa pun yang Anda inginkan, dan tidak mengharuskan Anda untuk membuat akun untuk membuat ruang konferensi yang dilindungi kata sandi dan membuat panggilan terenkripsi. Dengan layanan open-source dan ramah-pengembang, perangkat lunak Jitsi memperkuat layanan konferensi video lainnya, seperti 8 × 8 dan Rocket.chat.

Tersedia dalam berbagai konfigurasi untuk semua orang, dari pengguna pribadi hingga bisnis kecil, Anda dapat menggunakan layanan web Jitsi Meet untuk melakukan panggilan dari browser Anda, berkolaborasi dalam dokumen, berbagi layar, dan mengirim pesan di ruang obrolannya.

BigBlueButton

Platform: Web, iOS, Android

Harga: Gratis

Alternatif Aplikasi Video Pengganti Zoom

BigBlueButton adalah pilihan bagi pendidik yang mencari alternatif, cara yang lebih murah untuk terhubung dengan siswa dan mengajar dari jarak jauh. Perangkat lunak konferensi video open-source ini mengharuskan Anda (atau administrator IT Anda) untuk membuat server untuk digunakan, tetapi begitu sudah berjalan dan Anda akan memiliki akses ke banyak fitur. Selain panggilan video, Anda dapat mengikuti jajak pendapat, berbagi papan tulis atau layar, mengobrol secara publik dan pribadi, atau mengirim siswa ke ruang chat sehingga mereka dapat mengobrol di antara mereka tentang suatu proyek. API platform juga mendukung integrasi dengan sejumlah alat dan layanan khusus pendidikan, termasuk Moodle, Schoology, dan SmartClass.

Skype

Platform: Web, Windows, macOS, Linux, iOS, Android, Xbox, Alexa

Harga: Gratis, Berlangganan

Alternatif Aplikasi Video Pengganti Zoom

Veteran dari permainan panggilan video, Skype adalah no-brainer ketika masuk dalam pilihan panggilan video. Fitur-fitur seperti rekaman panggilan audio dan video, transkripsi langsung, dan berbagi file menjadikannya alat yang ampuh untuk panggilan satu-satu atau bahkan panggilan grup dengan teman atau klien. Anda dapat melakukan panggilan ke pengguna Skype lainnya, dan dengan berlangganan Skype to Phone, Anda dapat membuat panggilan internasional tanpa batas ke ponsel dan telepon rumah. Bahkan memiliki layanan panggilan konferensi gratis seperti Zoom, di mana pengguna dapat masuk hanya menggunakan tautan, tidak memerlukan sebuah akun.

Skype juga tersedia di perangkat pintar seperti perangkat Amazon Echo, sehingga Anda dapat melakukan panggilan audio atau video dengan nyaman di mana pun Anda berada. Jika Anda punya Xbox One dan headset audio, Anda bahkan dapat melakukan panggilan suara dari sofa melalui konsol game Microsoft.


Back to Featured Articles on Logo Paperblog

Magazines